Rabu, 22 Desember 2010

Tugas Pengantar Bisnis III

1. Jelaskan pengertian manajemen
Jawab:
Suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan melalui pemanfaatan SDM dan lainnya.

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi manajemen
Jawab:
- Perencanaan adl fungsi yang paling utama dan terpenting, di pakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarat
- Pengorganisasian adl fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasi aktivitas
- Pengarahan adl fungsi manajemen untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing masing yang telah di tentukan.
- Pengendalian adl fungsi manajemen yang berupa aktivitas untuk menemukan, mongoreksi, apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah di capai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.

3. Sebutkan keterampilan-keterampilan manajerial yang ada
Jawab:
- Keterampilan Konseptual adl kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi
- Keterampilan Kemanusiaan adl keterampilan untuk bekerja dengan orang lain, memahami dan memotivasi mereka.-
- Keterampilan Administrasi adl keterampilan untuk menata administrasi organisasi.
- Keterampilan Teknik adl keterampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin, teknik, dan metode bidang tertentu, seperti: computer, akuntansi, produksi, dll.

4. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk organisasi
Jawab:
- Organisasi garis adl organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah
- Organisasi Garis dan Staff adl bentuk organisasi yang banyak di pakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis hanya di tambah staff, yaitu:satu/beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi saran/nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi. Staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.
- Organisasi Fungsional adl bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi, seperti: pemasaran, produksi, personalia, keuangan, wewenang, dan tanggung jawab melekat terhadap proses/fungsi masing-masing. Setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsinya, wewenang, dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
- Organisasi Matrix adl bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka di pakai bentuk matrix.
- Organisasi Komite adl bentuk organisasi kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi. Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab, anggots komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen.

5. Sebutkan dan jelaskan konsep-konsep inti pemasaran menurut Philip kotler
Jawab:
-Kebutuhan adl segala sesuatu keadaan perasaan yang harus di penuhi.
- Keinginan adl kebutuhan yang di bentuk budaya, sikap pribadi seseorang.
- Permintaan adl kebutuhan/keinginan manusia yang di dukung daya beli.
- Produk adl alat pemuas kebutuhana, keinginan, dan permintaan.
- Pertukaran adl kegiatan mendapatkan barang dengan memberikan sesuatu barang sebagai penggantinya.
- Transaksi adl bentuk pertukaran yang paling luas, ada nilai-nilai khusus yang terkandung di dalamnya.
- Pasar adl tempat berjumpanya penjual dan pembeli.

6. Sebutkan dan jelaskan konsep-konsep manajemen pemasaran
Jawab:
- Konsep produksi adl konsumen akan menyukai produk-produk yang murah, jumlah/variasi banyak, dan mudah di jangkau.
- Konsep produk adl konsumen akan senang produk yang mutu dan pemampilannya baik di banding produk lain.                                                    
- Konsep penjualan adl konsumen tidak membeli produk yang tidaqk ada manfaatnya.
- Konsep pemasaran adl untuk mencapai sukses maka melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing-pesaing.
- Konsep pemasaran kemasyarakat adl tujuan pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan, dan permintaan saja, tetapi yang lebih penting bagaimana  bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

7. Jelaskan pengertian pemasaran
Jawab:
Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

8. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistm pemasaran
Jawab:
- memaksimalkan konsumsi
- memaksimalkan kepuasan konsumen
- memaksimalkan pilihan
- memaksimalkan kualitas hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar